Siapa sih Che Guevara itu?

Che Guevara atau yang nama lengkapnya Ernesto Guevara de la Serna adalah pejuang marxisme kelahiran Argentina. Lahir di tahun 1928, dia banyak berinteraksi dengan kehidupan kaum miskin di wilayah Amerika Latin dan berkesimpulan: hanya revolusi lah yang bisa mengatasi ketidakadilan ekonomi ini. Dia jadi tertarik mempelajari Marxisme, dan akhirnya bergabung dengan gerakan revolusi Guatemala pimpinan presiden Jacobo Arbenz Guzmán.

chewarhol

Belakangan mas Che atau yang panggilan yayangnya “el Che” ini bergabung dengan gerakan pimpinan Fidel Castro di Kuba. Setelah menduduki sejumlah jabatan di pemerintahan Kuba yang baru terbentuk, Che meninggalkan negeri itu untuk memimpin revolusi di Kuba dan Bolivia. Di negara yagn terakhir ini dia tertangkap dalam sebuah operasi militer CIA. Che tewas dieksekusi oleh tentara nasional Bolivia, tanpa melalui persidangan apapun.

Foto yang kondang sedunia itu diambil oleh seorang fotografer bernama Alberto Korda di sebuah acara pemakaman di Kuba. Waktu itu foto Che nggak langsung dipublikasikan karena dianggap kurang komersil. Foto ini mengawali langkahnya menguasai kaos-kaos anak mall sedunia saat seorang penerbit Italia bernama Giangiacomo Feltrinelli memegang hak cipta untuk menerbitkan buku harian Che yang berisi rekaman peristiwa selama keterlibatannya dalam beberapa perang revolusi. Feltrinelli menggunakan foto karya Korda ini sebagai poster promosi.

Perlu dicatat juga keterlibatan seniman Irlandia Jim Fitzpatrick yang mengutak-atik foto Che yang asli menjadi gambar yang sekarang mendunia ini. Fitzpatrick melakukan beberapa modifikasi pada foto itu, antara lain dengan menggeser sedikit arah pandangan Che serta mengubah garis mulutnya. Hasilnya, ekspresi Che yang di foto aslinya sebenernya biasa-biasa aja, berubah jadi dramatis dengan pandangan mengawang jauh ke masa depan – simbol seorang revolusioner sejati.

Habis itu seniman pop art Andy Warhol yang kalo liat foto orang terkenal gatel tangannya untuk dibikin warna-warni (seperti fotonya Marilyn Monroe ini) juga terlibat mewarna-warnikan foto Che. Ditambah satu faktor lagi yaitu group rock Rage Against the Machine ikut-ikutan masang foto Che di cover album ‘Bombtrack’ keluaran tahun 1992, maka lengkaplah sudah image Che sebagai ikon pemberontakan, semangat anti kemapanan, pokoknya simbol ‘alternatif’ deh.

4 responses to “Siapa sih Che Guevara itu?

  1. yaa.. beliau memang selalu menjadi inspiring bagi para aktivis dunia….

    nice article!. Thanks

    @ Basir says :

    memang beliau menjadi inspiring untuk kehidupan yang lebih baik

    “Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku”

  2. ni yg ada digambar kaos² itu yaks… *oot

    @ Basir says :

    ini regenerasi ya mbak 🙂

    terima kasih telah mampir ke blog ini

  3. mau dong, dikirimin kausnya. kirim ke email saya yah…

  4. sayangnya saya lebih kagum ke Tan Malaka…..

    @ Basir says :

    banyak kita kagumi dari orang-orang yang ingin berbuat yang lebih baik lagi

    “Ya Allah, tempatkan dunia di tanganku, bukan di hatiku”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s